Cara Mendekor Ruang Tamu Terlihat Luas , Wajib Di Coba

Cara Mendekor Ruang Tamu Terlihat Luas , Wajib Di Coba 


nag, kamu wajib nih mencoba salah satu cara mendekorasi ruangan tamu yang menggunakan ruangan dengan luas yang sempit, karena ruangan sempit biasanya sangat susah untuk di tepati banyak tamu Bagi Anda yang tinggal di apartemen atau wilayah perkotaan tentunya acap kali berhadapan dengan ruang-ruang yang terbatas. Seandainya ini kondisi Anda, Anda dapat memperhitungkan ruang tamu kecil sebagai tantangan desain yang kreatif. Kunci hidup bahagia dan nyaman di ruang-ruang yang sempit adalah dengan menggabungkan bermacam solusi hemat ruang dan multifungsi sekaligus mengekspresikan gaya pribadi Anda. Keputusan yang arif akan menghasilkan ruang yang Anda butuhkan serta merubah ruangan Anda menjadi istimewa dan mengundang. Berikut yaitu beberapa tips yang dapat membantu Anda memanfaatkan beberapa besar ruang yang sungguh-sungguh penting yakni: ruang tetamu.

1. Ruang tanpa batas
Pada ruang tetamu yang terbatas, Anda dapat menghasilkan ruang yang lapang dengan membuka pintu atau dinding sehingga ruang-ruang di sebelahnya dapat menyatu. Ruang tetamu dapat terdiri dari gabungan ruang tamu, ruang makan dan dapur jikalau Anda menyingkirkan tiap dinding pemisahnya. Demikian pula, memperlebar pintu dan membukanya ke arah langit-langit akan memberikan kesan lapang dan lebih terbuka.

Desain furniture built-in pada ruang tetamu kecil (Sumber: mjrdesign.co)Ide desain ruang tamu tanpa pintu penghubung

2. Manfaatkan furnitur built-in
Perabot built-in merupakan pandangan baru investasi yang baik sekaligus solusi yang pas sesuai dengan keperluan ruang tetamu yang terbatas. Anda dapat menyesuaikan masing-masing furnitur untuk ruang tetamu Anda serta menambahkan satu atau dua elemen lain untuk memaksimalkan penggunaannya.

Salah satu umpamanya yaitu tempat penyimpanan multifungsi yang tersembunyi di bawah sofa built-in. Seandainya membeli furnitur dengan contoh khusus melebihi anggaran Anda, kembangkan kreativitas Anda dengan laci buatan sendiri di bawah sofa atau rak tempel pada dinding. Pasanglah rak setinggi dinding untuk menjadikan pola vertikal. Penempatan rak yang lebih tinggi akan menolong menciptakan kesan padat di dalam ruangan.

Salah satu umpamanya yaitu daerah penyimpanan multifungsi yang tersembunyi di bawah sofa built-in. Seandainya membeli furnitur dengan teladan khusus melebihi anggaran Anda, kembangkan kreativitas Anda dengan laci buatan sendiri di bawah sofa atau rak buku pada dinding. Pasanglah rak setinggi dinding untuk menjadikan pola vertikal. Penempatan rak yang lebih tinggi akan menolong mewujudkan kesan padat di dalam ruangan.

3. Tata letak dan pencahayaan kreatif
Kalau memungkinkan, cobalah merapikan furnitur dengan membuat pemisahan antara sebagian area fungsional. Kiat ini akan membantu mempertimbangkan fungsi yang berbeda dalam satu ruang; misal menempatkan meja di belakang sofa untuk mewujudkan ruang kerja, atau mengatur bangku dan sofa Anda dengan sistem sedemikian rupa sehingga memisahkan ruang tamu dari ruang makan.

Anda bisa menetapkan tata letak dengan menempatkan lampu gantung yang berbeda di masing-masing zona yang terpisah, misal di zona ruang tetamu, pakai lampu yang dekat dengan langit-langit. Kemudian, di ruang makan sebelahnya, gunakan lampu contoh lain yang menggantung tepat di atas meja.

Anda bisa memutuskan tata letak dengan menempatkan lampu gantung yang berbeda di masing-masing area yang terpisah, misal di area ruang tamu, pakai lampu yang dekat dengan langit-langit. Kemudian, di ruang makan sebelahnya, pakai lampu teladan lain yang menggantung pas di atas meja.

4. Cahaya natural maksimal
Manfaatkan sumber cahaya alami untuk membuat ruangan lebih cerah. Sebuah ruangan yang diterangi cahaya sang surya terlihat lebih terbuka dan membantu menyingkirkan bayang-bayang yang dapat membikin daerah tertutup terlihat lebih kecil. Metode paling gampang untuk mengembangkan sinar alami dalam sebuah ruang adalah dengan menempatkan cermin yang akan memantulkan cahaya melewati jendela. Selain itu, cermin juga menghasilkan ilusi ruang yang kontras. Sekiranya memungkinkan, tempatkan furnitur yang paling tak jarang diaplikasikan seperti sofa atau kursi yang nyaman sehingga mempunyai pandangan ke arah luar.

5. Alternatif warna yang ideal
Penerapan warna klasik putih atau pastel masih menjadi alternatif terbaik untuk mengecat ruang yang lebih kecil. Selain itu, pengecatan lis dan dinding dalam ruangan dengan warna yang sama juga menarik perhatian dan menyoroti langit-langit, seperti di ruangan ini.

Melainkan, Anda juga dapat memilih warna yang lebih gelap dan menenangkan seperti semisal, biru tua atau abu-abu tua, yang bisa membuat ruang kecil lebih terkesan mengundang. Trik dalam sebuah ruang kecil adalah dengan menyeimbangkan dinding gelap dengan faktor-unsur yang lebih jelas untuk mewujudkan kedalaman dan mencerahkan ruangan, misal menempatkan sofa berwarna lebih terang pada dinding yang gelap. Tambahkan dengan furnitur berwarna lebih terang, aksesoris warna-warni dan karpet berpola.
Tampilan modern pada ruang tamu kecil (Sumber: thenest.com)

Tapi, Anda juga bisa memilih warna yang lebih gelap dan menenangkan seperti umpamanya, biru tua atau abu-abu tua, yang dapat membikin ruang kecil lebih terkesan mengundang. Trik dalam sebuah ruang kecil ialah dengan menyeimbangkan dinding gelap dengan elemen-unsur yang lebih jelas untuk menjadikan kedalaman dan mencerahkan ruangan, misal menempatkan sofa berwarna lebih terang pada dinding yang gelap. Tambahkan dengan furnitur berwarna lebih jelas, aksesoris warna-warni dan karpet berpola.

Apabila Anda berani, Anda dapat juga bereksperimen dengan cat atau wallpaper berpola garis vertikal atau horizontal pada dinding, yang secara visual akan memperluas atau memanjangkan dinding.
Ide warna dinding ruang tetamu kecil (Sumber: homebnc.com)

Apabila Anda berani, Anda dapat juga bereksperimen dengan cat atau wallpaper berpola garis vertikal atau horizontal pada dinding, yang secara visual akan memperluas atau memanjangkan dinding.

6. Singkirkan sofa empuk kuno
Prinsip penting yakni hindari furnitur besar dan berat yang akan mendominasi dan membuat ruangan terasa lebih kecil. Sebaliknya, pilihlah furnitur terlebih sofa yang rendah dan efisien. Artinya, ada jarak yang pendek dari lantai ke tempat duduk. Dari sudut pandang desain, ini berarti kaki sofa lebih kecil, bantal ramping atau komponen bawah sempit.

Manfaatkan dinding di atas sofa Anda untuk menyeimbangkan ruang dengan dekorasi yang berskala besar. Seumpama, menggantung lukisan berukuran besar atau membenahi deretan rak vertikal yang menarik pandangan ke atas.

7. Multitask
Dalam ruang yang terbatas, bisakah satu fungsi meliputi lebih dari satu tujuan? Dengan multitask atau fungsi ganda, Anda bisa menampung semua kebutuhan ruang tamu Anda. Tempat penyimpanan yakni aspek lain yang bermanfaat. Seumpama yakni meja konsol atau rak dinding sebagai meja dan sofa bed geser multifungsi yang benar-benar berguna. Sebagai ganti bangku makan, Anda bisa memakai bangku dengan laci tersembunyi. Semuanya memiliki tujuan yang sama dan memberikan ekstra ruang untuk bermacam kebutuhan.

8. Melapangkan dengan karpet
Jika memungkinkan, pakai karpet yang melampaui perabotan di tiap-tiap ruang fungsional. Misalnya, karpet yang terhampar di bawah sofa, meja kopi (coffee table) dan tempat duduk tambahan akan menarik pandangan lebih lebar dan membikin ruang tamu nampak lebih lapang. Di sisi lain, karpet kecil yang berukuran cuma sedikit lebih besar dari coffee table bisa terlihat seperti keset kamar mandi, menyebabkan ruang tamu menonjol lebih sempit.

9. Ciptakan spot fokus
Manfaatkan ruang tamu Anda yang berukuran kecil untuk menghasilkan ciri khas desain. Misalnya khusus, pilihlah salah satu aspek yang dapat ditonjolkan dengan sesuatu yang menarik secara visual. Pakai akan lantas tertuju pada ciri khas yang menonjol ini, dengan sedikit penekanan pada ukuran ruang yang terbatas.

Umpamanya ialah dengan merancang dinding berpola di belakang sofa dengan warna, tekstur, atau dekorasi dinding. Hanya pelapis dinding seperti material kain, mural atau menempatkan lukisan berbingkai dan cermin di dinding berwarna cerah.

10. Ekspresikan dirimu!
sebab ruang tamu Anda kecil, bukan berarti Anda tak dapat mengekspresikan gaya yang mewakili diri Anda. Dalam ruangan kecil, furnitur gampang sekali mengambil alih kepribadian yang terpancar dari ruangan itu.

ruang tetamu adalah daerah di mana kita menghabiskan banyak waktu, tambahkanlah kepribadian melalui bermacam dekorasi yang menceritakan kisah hidup Anda dan rumah tangga Anda. Foto yang dibingkai secara kreatif, pernak-pernik peninggalan kakek-nenek, karya seni, atau koleksi pribadi yakni sebagian figur faktor dekoratif yang bisa menciptakan suasana ruang tamu Anda yang nyaman.begitulah boleh anda mencoba untuk meletakkan cara tersebut, coba deh gunakan cara tersebut untuk mendesain ruangan kamu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Dekorasi Ruang Tamu Shabby